Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Baterai Smartphone Dan Tablet Dapat Bertahan Lama

 Cara Agar Baterai Smartphone Dan Tablet Dapat Bertahan Lama

Mungkin sobat sudah mengetahui bahwa baterai smartphone tidak bisa terus menyala. Jadi, hal yang sobat dilakukan adalah selalu melakukan pengisi ulang jika dayanya berkurang atau habis. Tapi terkadang hidup tidak selalu berjalan sesuai rencana. sobat tidak dapat mengira berapa lama daya baterai smartphone sobat dapat bertahan pada saat sobat berpergian tanpa charger.


Berikut ini adalah tips dari didapat.net yang bisa Sobat coba sebelum Sobat bepergian, dan ketika Sobat berpergian jauh dan tidak dapat melakukan pengisi daya:


1. Selalu isi penuh daya power bank Sobat sebelum sobat bepergian.


2. Jangan biarkan smarphone sobat terkena suhu ruangan atau benda-benda panas untuk menghindari konsumsi baterai berlebihan karena  bisa membuat smartphone sobat panas.


4. Upgrade aplikasi diperangkat Sobat. Aplikasi yang belum diupdat atau diperbaharui juga dapat mengkomsumsi daya baterai smartphone Sobat. Biasanya programmer aplikasi meningkatkan aplikasi buatannya dengan cara memperbaikinya sehingga tidak hanya menambah fitur saja namun menurunkan konsumsi aplikasi terhadap penggunaan daya baterai.


5. Matikanlah Wi-Fi Sobat jika tidak digunakan. 

Wi-Fi cukup banyak menggunakan daya baterai karena perangkat selalu mencari sinyal. Dengan cara demikian saat terkoneksi dengan Wi-Fi tidak ada aktifitas pertukaran data antara internet dan perangkat Sobat sehingga baterai Sobat dapat bertahan lama terutama jika Sobat berada di suatu tempat dengan sinyal yang kuat namun sobat tidak sedang  menggunakan internet.


6. sobat dapat meredupkan layar perangkat sobat untuk menghemat daya baterai jika sobat sedang tidak menggunakan smartphone sobat.


7. Matikan pemberitahuan notifikasi sobat. 

Ya, jika sobat ingin tahu berita cepat saat itu juga pada akun Facebook sobat dan komentar yang teman-teman sobat posting ke dinding Facebook sobat, namun ternyata pemberitahuan tersebut juga membutuhkan daya. Silahkan sobat disable notifikasinya pada pengaturan akun Facebook sobat jika tidak sedang digunakan.


8. Silahkan ubah pengaturan aplikasi smartphone sobat. 

Pastikan Bluetooth dimatikan saat tidak digunakan, mematikan opsi GPS sobat, aplikasi wallpaper yang hidup juga dapat mempengaruhi kinerja baterai.


9. Silahkan lakukan pengisian dengan memperhatikan daya baterai jika baterai lemah sekitar 10 persen dan kemudian silahkan cabut jika pengisian sudah mencapai 100 persen. Hindari pengisian yang berlebihan pada baterai smartphone sobat kecuali untuk perangkat atau smartphone yang baru sangat dianjurkan.


10. Belilah tablet atau smartphone yang memiliki baterai kualitas bagus sehingga sobat tidak perlu menjadi repot karena smartphone sobat mati karena kurang daya pada saat-saat sobat membutuhkannya