Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudahnya Jadi Seorang Animator "Modal Kecil"

 Mudahnya Jadi Seorang Animator "Modal Kecil"

Jadi Animasi Creator- Halo sobat creator, hari gini masih bingung bagaimana cara mengelola dan membuat Animasi Creator? Jangan galau sobat, sebenernya mudah sekali nih cara membuatnya. Animator memang salah satu profesi yang menyenangkan, tapi jangan salah sobat, profesi ini membutuhkan pengetahuan dan keahlian dalam beberapa bidang, diantaranya adalah design, seni rupa, ilmu komputer dan sebagainya.

Bicara soal Animasi Creator nih, sobat sudah tau belum apa sih Animasi Creator ini? Nah, Animasi Creator itu merupakan salah satu profesi yang multifungsi sobat. Dimana Animasi Creator biasanya kerja dalam industri perfilman, iklan, olahraga, acara televisi, video game, edukasi dan masih banyak lagi deh. Intinya banyak sekali peluang kerjanya jika karya yang kita hasilkan bagus.

Menjadi seorang Animator itu harus berpegang teguh dalam aspek yang ditentukan sobat. Dimana menjadi seorang Animator harus bisa memutuskan mana studi yang sesuai dengan ketertarikan dan bisa diangkat menjadi bahasan karya kita nanti. Oleh karena itu, jika sobat ingin menjadi Animator harus mendalami studi yang sesuai dengan kemampuan agar tidak susah untuk memulainya.

Setelah sobat memahami penjabaran diatas, sobat mesti bingung mengenai apa itu studi bukan? Jadi, studi itu merupakan suatu topic atau bahasan yang kita angkat nanti dalam membuat Animasi. Misalkan, sobat suka studi dalam bidang kuliner, maka topic atau bahasannya nanti harus mencakup makanan atau minuman yang bisa sobat tampilkan dalam Animasi tersebut.

Terkait masalah studi, tentunya ada banyak macamnya sobat. Untuk kali ini saya hanya membahas sedikit mengenai beberapa studi yang bisa sobat pikirkan. Diantaranya

1. Studi Animasi Dunia Film :

Animasi film ini mencakup bahasan mengenai dunia perfilman, misalnya menggunakam Animasi yang berisikan tutorial membuat film pendek atau film kartum disertai dengan cuplikan contohnya.

2. Studi Animasi Edukasi :

Animasi edukasi ini biasanya mempercakup dunia pendidikan anak maupun remaja, dimana studi ini memberikan banyak hal mengenai ilmu pengetahuan untuk disampaikan dengan metode yang menarik. Misalkan membuat animasi kartun pembahasan soal maupun kuis menyenangkan.

3. Studi Animasi Medical :

Nah, kalau Animasi medical ini sobat, tentunya bahasannya mengenai seputar kesehatan dan dunia gizi. Jadi sobat harus mencari fakta dan informasi sehat kapanpun untuk dijadikan referensi dan dikembangkan ke dala Animasi medical yang sobat buat. Misalkan membuat animasi yang berisi tentang "Tips Sehat Ala Orang Zaman Dulu" dengan disertai animasi yang menghibur penonton.

4. Studi Animasi Komesial :

Untuk yang satu ini memang lumayan berat sobat, dimana Animasi komesial ini harus teliti dan menghasilkan secara baik. Karena Animasi satu ini berhubungan dengan iklan, video clip, musik, piching (project) yang nantinya akan lebih banyak menarik penggemar. Salah satunya adalah dalam periklanan, pasti dibutuhkan skill pemberdaya pembeli/penonton.

5. Studi Animasi Game

Studi yang satu ini bersifat banyak menghibur dan bisa menarik banyak para penggemar jika Animasi itu bisa tercipta dengan baik. Karena game bersifat semata wayang, jika menarik maka diteruskan, jika tidak menarik maka tidak diteruskan oleh penggunanya. Oleh karena itu, harus bisa mnaruh ide-ide kreatif dalma Animasi game ini.

Jadi gimana sobat? Siap memulainya? Pasti dong.

Satu hal lagi yang harus sobat ingat jika menjadi seorang Animator. Jika sobat memulai karier ini untuk berkembang sendiri, maka sobat harus banyak-banyak berlatih dan menghasilkan karya yang menarik agar konsumen nanti teetarik dengan hasilnya. Hasil yang dimaksud ini adalah berupa portofolio yang berisikan mengenai karya-karya atau ciptaan terbaik yang pernah sobat buat.

Setelah itu, sobat sudah memiliki bahan untuk memulai karier dan melanjutkan ke pemasaran. Ketika dalam pemasaran ini, sobat nanti bisa mulai berdiskusi mengenai harga, waktu, dan lain-lain dengan konsumen. Nah, setelah selesai berdiskusi dengan konsumen dan sobat dinyatakan lolos check, ini menjadi rezeki bagi sobat. Dan akhirnya tinggal mulai bekerja sebaik mungkin dan secara disiplin.